RS Aminah: Berikut Macam-macam Penyakit Herpes

Share:
RS Aminah

Herpes merupakan nama kelompok virus herpesviridae yang mampu menginfeksi manusia. Infeksi ini ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit dan kulit kering. Untuk pencegahan virus menyebar maka hindari kontak fisik dengan orang lain, mencuci tangan secara rutin, mengoleskan obat antivirus topikal menggunakan kapas dan melakukan konsultasi di RS Aminah. Jangan berbagi pakai barang-barang yang dapat menyebarkan virus dan jangan melakukan oral seks, ciuman atau aktifitas seksual lainnya.

Berikut adalah macam-macam penyakit herpes diantaranya:

Human herpes virus 1 - Herpes Liabialis, dijumpai pada anak-anak dan menyerang daerah mulut, hidung dan daerah pinggang atas. Gejalanya seperti rasa gatal pada mulut, kesemutan dan terdapat lepuhan kecil disekitar hidung, mulut atau bagian lainnya dan mengering dalam waktu 8-10 hari.
Human herpes virus 2 - Herpes Genital, dijumpai pada bagian kelamin, anus dan selangkangan dengan gejala lecet atau lepuhan pada area kelamin, rasa gatal dan panas, rasa nyeri saat buang air kecil, gejala flu dan keputihan tidak normal.
Human herpes virus 3 - Herpes Zoster, diakibatkan virus penyebab cacar air yang menetap dan berdiam di dalam sel darah lalu timbul kembali dan menyerang tubuh. Gejalanya kesemutan, sensitif terhadap matahari, dan timbul gejala flu dan nyeri pada leher dan punggung.
Human herpes virus 4 - Mononucleosis, dapat menyerang usia 15-30 tahun dengan kontak langsung dengan gejala umum kantuk, gelisah, demam dan gejala khusus mimisan, leher kaku dan sakit kuning.

Selain diatas, ada juga human herpes virus 5 atau Cytomegalovirus merupakan herpes yang tidak berbahaya namun dalam kondisi imun lemah akan menimbulkan masalah. Human herpes virus 6 atau Rosel Infantum dengan gejala demam tinggi, muncul bintik merah pada kulit bayi, terjadi pembengkakan kelenjar dan diare ringan. Ada juga human herpes virus 7 atau Roseola pada anak-anak dan human herpes virus 8 atau Sarkma Kaposi yang berperan membentuk tumor.

Berikut adalah makanan sehat untuk penderita herpes zoster diantaranya:

Bayam, memiliki kandungan zat besi, berbagai macam vitamin dan juga senyawa lisin untuk menyembuhkan penyakit herpes terutama herpes zoster.
Ubi, memiliki kandungan karbohidrat, serat dan juga mengandung lisin untuk membantu mengembangkan tubuh dan meningkatkan kolagen dalam tubuh untuk segera menyembuhkan penyakit herpes.
Kubis mentah, terdapat kandungan lisin yang membantu penyembuhan herpes zoster dan dikonsumsi selama sakit herpes dan lebih cepat sembuh dan sebaiknya mencuci kubis dengan air mengalir sebelum mengonsumsinya.
Semangka, mengandung lisin yang cukup tinggi dan mengandung air sehingga akan menyembuhkan herpes dan menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
Telur, selain mengandung protein juga mengandung lisin dan disarankan mengonsumsi setiap hari selama sakit untuk menyembuhkan herpes dalam waktu yang cepat.

Selain itu juga, tetap konsumsi air putih untuk menghilangkan toksin dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan sistem metabolisme dalam tubuh. Dari makanan ini terdapat tiga hal penting yaitu makanan mengandung lisin tinggi, sayuran mentah segar dan air putih merupakan cara membantu penyembuhan herpes pada umumnya. Dengan mengonsumsi makanan diatas perlahan akan mengembalikan tubuh menjadi sehat.

RS Aminah menyarankan penderita herpes maka perlu menghindari rokok dan alkohol yang berlebihan. Penderita juga dilarang untuk tidak mengonsumsi daging terutama daging kambing dan babi. Untuk makanan jenis ikan maka hindari ikan bandeng, tongkol, ikan asin, dan makanan seafood lainnya. Hindari juga mengonsumsi ayam broiler, mentimun, kol, kopi, susu dan minuman bersoda.