Mau Jual Motor, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Share:
Salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Republik ini adalah motor, motor menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk mengarungi kemcetan jalan kota-kota besar. Selain efisien, motor juga hemat bahan bakar sehingga bisa menekan biaya hidup yang tiap hari makin menghimpit. Begitu banyak produsen jual motor keluaran baru yang muncul setiap tahunnya, pun begitu dengan motor-motor lalu, selain bisnis bengkel usaha beli jual motor juga menjamur sekarang ini. 

Jual Motor
Banyak masyarakat yang ingin mengganti motor dengan keluaran baru, namun dana yang dimiliki belum mencukupi. Salah satu solusi dari hal ini adalah dengan menjual motor lamanya.

Namun untuk bisa menjual motor dengan harga yang tinggi, tidak bisa begitu saja, persiapan matang juga harus dilakukan. Nahhh untuk mengetahu persiapan saja yang dimaksud, yuk ikuti artikel berikut ini.

1. Perawatan
Yaaaa, perawatan. Walaupun kamu ingin menjual motor bukan berarti tidak merawatnya lagi, Jual Motor dengan kondisi seadanya bisa membuat harganya jadi terjun payung alias pasti murah.

Sebenarnya perawatan harus dilakukan rutin, saat motor masih menjadi milik kamu. Kondisi motor yang rapi dan minim kerusakan sangat penting demi menjaga harga jual motor yang selalu tinggi.

Sebelum menjual motor kalian bisa melakukan perbaikan, mulai dari blok mesin, kondisi ban, sistem pengereman, pelistrikan, dan lengkapi dengan kaca spion. Usahakan memakai spare part asli atau minimal kualitas OEM saat perbaikan.


2. Surat-surat Kelengkapan Motor
Surat-surat kelengkapan motor adalah hal yang paling penting untuk membuat harag jual motor kamu tinggi. Motor yang sehat dan muluspun bukan jaminan harga jual motor bisa tinggi kalo surat motor kamu tidak lengkap.

Misalnya saja motor yang Anda jual tidak ada STNK karena hilang. Anda terpaksa harus menurunkan harga lebih rendah sebagai kompensasi kepada pembeli yang akan mengurus kehilangan tersebut.

Persiapkan STNK sepeda motor anda masih berlaku minimal 3 bulan. Dengan demikian, calon pembeli punya persiapan waktu untuk mengumpulkan uang yang nantinya digunakan balik nama.

Kurang dari waktu tersebut, Anda terpaksa harus mengurangi harga sedikit di bawah pasaran agar calon pembeli tetap tertarik membeli motor Anda.

3. Harga Yang Sesuai Pasaran
Sebelum menjual motor, ada baiknya kamu mencek harga pasaran untuk merk dan tahun motor yang ingin dijual. Ini bisa menjadi gambaran kamu untuk menentukan harga yang sesuai.

Selain itu Tentukan harga dengan pola kisaran, misalnya sekian juta sampai sekian juta. Tentukan harga terendahnya oleh anda. Ingat! Sebagai penjual patok harga lebih tinggi dari harga terendah yang telah anda tentukan tadi. Karena akan sangat sulit untuk menurunkan harga dalam proses tawar-menawar (negosiasi).

4. Pasang Iklan
Sekarang ini sudah banyak aplikasi khusus jual beli, kalian bisa memasang iklan menjual motor kalian disana. Anda pun bisa mengiklankan sepeda motor anda di sana dengan gratis. Situs ini sangat mudah bagi anda dalam mengiklankan sepeda motor anda. sistem yang terdapat pada situs ini mengakomodir internet yang berkecepatan rendah, sangat cocok untuk Indonesia.


5. Jujur
Kejujuran juga penting agar bisa menjual motor kamu dengan harga yang sesuai pasaran. Jelaskan pada calon pembeli kondisi sesungguhkan motor kamu. Jangan ada yang ditutup-tutupi.

Saat calon pembeli memberikan pertanyaan sepuratan kondisi motor, jawablah dengan jujur dan detil. Percaya atau tidak, penjual akan sangat sulit mendapat pelanggan karena mereka tidak terbuka.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menjual motor. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan membantu. Salam damai dan semoga sukses.