Home Top Ad

nonton movie online

Buat Nasi Tim Ayam Enak, Modal Rice Cooker

Share:
Santapan kuliner Indonesia Nasi Tim memang santapan kesukaan semua orang, dan menjelma menjadi santapan sarapan kegemaran anak muda Indonesia. Apalagi jika hasil resep nasi tim ayam ini disantap dipagi hari dengan udara sejuk, makanan ini membuat penikmatnya seakan diberi semangat kerja tinggi.

Selain penambah semangat nasi tim juga banyak digunakan bagi mereka yang sedang kurang enak badan sehingga mereka mencari berbagai santapan yang mudah dicerna. Bagi pecinta kuliner yang memiliki buah hati pastinya gemar menyajikan menu yang satu ini bagi mereka sebagai Makanan Pendamping ASI atau MPASI. 

Resep Nasi Tim Ayam

Nah bagi yang ingin mencoba membuat makanan khas tionghoa ini bisa mencobanya hanya dengan modal rice cooker, tentu dengan berbagai bahan yang sangat mudah didapat.

Umumnya nasi tim menggunakan daging ayam akan tetapi apabila anda ingin menggunakan variasi lain seperti daging sapi, ikan ataupun sayuran dapat ditambahkan ke dalam isiannya.

Sedangkan tambahan  pelengkap yang dapat digunakan adalah sup kaldu ayam atau sup kaldu daging ditaburi dengan daun bawang. Anda dapat menyajikan dengan cara membalikan mangkuk logam yang ditangkupkan diatas piring sehingga tercetak diatas piring. 

Agar citarasa nasi tim semakin terasa enak dan gurih, anda dapat menambahkan kaldu ayam. Kaldu ayam dapat dibuat sendiri atau menggunkaan serbuk kaldu ayam yang ditambahkan air kemudian direbus dengan tambahan daun bawang sehingga mengeluarkan rasa yang khas.

Tak perlu waktu lama lagi, mari kita buat Resep Nasi Tim Ayam berikut ini, pertama siapkan Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi tim ayam jamur menggunakan rice cooker.

Bahan Utama nasi tim ayam jamur rice cooker 
1500 ml kaldu ayam 
500 gram beras 
3 sendok makan mentega 
2 siung bawang putih, haluskan 
1 sendok teh lada bubuk 
1 cm jahe parut 
2 sendok teh garam

Bahan Isi Nasi Tim Ayam Jamur Rice Cooker 
250 gram fillet ayam 
25 ml kaldu 
2 siung bawang putih, haluskan 
2 sendok makan kecap manis 
100 gram bawang bombay, iris 
1 sendok teh lada 150 gram jamur kancing, potong menjadi beberapa bagian 
2 sendok makan margarin 
100 gram hati ayam 
1 ruas jari jahe 
2 sendok teh saus tiram 
2 sendok makan kecap asin 
2 sendok makan minyak wijen 3 sendok teh saus soya 
1 sendok makan angciu 

Bahan Pelengkap Sambal Nasi Tim Ayam Jamur 
4 Cabai merah 
1 sendok teh garam 
25 ml air 
1 siung bawang putih 
1 sendok teh cuka 
1/2 sendok teh gula 

Bahan Pelengkap Kuah Nasi Tim Ayam Jamur 
1 bawang putih, haluskan 
1 sendok makan minyak wijen 
1 cm jahe geprek 
1 sendok teh lada bubuk 
150 gram pak choy, potong-potong 
600 cc kaldu 2 daun bawang , iris 
garam secukupnya 

setelah semua bahan siap, pertama-tama buat dulu kaldunya, caranya cukup gampang, yakni Pertama-tama rebus ayam dan hati ayam sampai matang Angkat ayam dan hati ayam, kemudian potong-potong menjadi dua bagian, sisihkan. Kemudian panaskan minyak wijen kemudian tumis bawang putih hingga harum Didihkan kaldu kemudian beri jahe, tumisan, bumbu seperti lada, garam dan aduk hingga merata Masukan pak choy dan daun bawang , sebentar saja dengan begini kaldu sudah jadi, kemudian sisihkan sebentar.

Sementara itu buat lagi isi tim ayam jamurnya, caranya juga gampang yakni, pertama Lelehkan mentega kemudian tumis bawang putih, bawang bombay , lalu jahe hingga  harum Kemudian masukan jamur, dan beri bumbu minyak wijen, saus tiram , kecap, angciu, merica bubuk aduk rata Masukan kaldu kemudian tambahkan daging ayam dan hati, masak hingga kering. Pisahkan hati untuk isian. Kemudian sambung dengan membuat sambal dengan cara didihkan air kemudian rebus cabai, sisihkan Haluskan bawang putih dan cabai Tambahkan garam, cuka, air dan gula. Kemudian sisihkan, lanjut dengan membuat Nasi Tim.

Pertam-tama Lelehkan mentega kemudian tumis bawang putih dan jahe , sisihkan Campurkan beras, lada dan garam kemudian gunakan tempat alumunium Sebelum dimasukan ke dalam rice cooker beri tambahan air kaldu yang banyak sehingga nasi menjadi lembut Kemudian ambil adonan ayam dan jamur untuk menutupi dasar cup tahan panas Isi nasi diatas ayam jamur hingga setengah bagian tunggu kembali hingga 15 menit kemudian angkat.

Nasi Tim siap disajikan, nasi tim ini sangat disarankan dimakan selagi hangat untuk menjaga rasanya tetap gurih dan nikmat.

Selamat mencoba.